Pilih Mana, Gunakan Cahaya Alami Atau Buatan Saat Memotret

Fotografi bersumber dari kata foto yang artinya cahaya. Oleh karena itu, tanpa adanya cahaya tentu Anda tidak akan bisa mencipta suatu gambar. Adapun dalam seni fotografi, cahaya yang digunakan tersebut dibagi menjadi 2 jenis, yaitu cahaya alami matahari atau cahaya bulan, serta cahaya buatan baik flash maupun lampu-lampu dimalam hari. Kedua jenis cahaya tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, yang tentunya perlu sama-sama Anda ketahui :

Kelebihan Cahaya Alami

Dengan menggunakan pencahayaan alami, pastinya Anda tidak akan mengeluarkan biaya, meskipun terdapat berbagai aksesori fotografi untuk memaksimalkan cahaya alami. Anda bahkan tidak perlu membawa peralatan khusus karena cahaya alami juga tersedia dimanapun Anda berada.

  • Melatih Kemampuan

Dengan cahaya alami, Anda juga dapat berlatih memanfaatkan cahaya yang ada agar subjek tampil maksimal. Mencari waktu disiang hari yang tepat, mendapatkan lokasi yang tepat seperti dekat jendela untuk portrait, mendapatkan naungan untuk cahaya lebih lembut, menghindari cahaya tajam di terik siang, dan lain sebagainya. sehingga Anda akan terbiasa menggunakan cahaya alami dengan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Alami Selalu Lebih Baik Dari Buatan

Pilih mana makanan alami atau olahan? Kata alami selalu dikaitkan dengan kualitas dan keyakinan dari banyak fotografer, bahwa jenis cahaya ini mampu menghasilkan kualitas yang lebih baik. Pendapat tersebut tentunya cukup berdasar, karena cahaya alami mampu menonjolkan detail dan warna dengan sangat baik.

Kekurangan Cahaya Alami

Selain memiliki berbagai kelebihan, cahaya alami tentunya juga memiliki kekurangan sebagai berikut :

  • Tidak Pasti

Cuaca kadang berubah sangat cepat dari yang semula terang menjadi mendung bahkan hujan. Di siang hari pada bulan yang berbeda, arah datangnya cahaya juga berbeda, begitu pula dengan intensitasnya. Bila Anda telah menentukan tema tertentu untuk pemotretan, maka perubahan dalam waktu singkat bisa menjadi malapetaka.

  • Malam Hari

Dalam banyak kasus, Anda hanya bisa menggunakan cahaya di siang hari untuk banyak keperluan. Sedangkan pada malam hari, kemampuan kamera akan sangat terbatas sehingga memerlukan shutter speed yang sangat lambat untuk memperbanyak cahaya yang masuk ke dalam sensor.

  • Cuaca

Fotografi outdoor tentunya menggunakan cahaya alami. Baik fotografer maupun subjek, akan bersinggungan langsung dengan angin, suhu dingin maupun panas atau hujan yang bisa mengganggu kenyamanan kedua belah pihak. Ketika berada dilingkungan ramai, orang-orang yang berlalu lalang kemungkinan akan melihat dan kadang akan terasa kurang nyaman saat subjek dilihat oleh banyak mata. Mood subjek cepat atau lambat pasti akan terpengaruh dan bisa jadi memburuk yang dapat menggagalkan sesi pemotretan Anda.

Kelebihan Cahaya Buatan

  • Flaksibel & Kontrol

Dengan memiliki cahaya buatan, Anda bisa memotret kapanpun baik di siang ataupun malam hari dan di lokasi indoor maupun outdoor sesuai dengan keinginan. Tidak masalah bila cuaca berangin, karena Anda bisa mendapatkan lokasi indoor. Bukan hanya lokasi dan juga waktu, tetapi arah datangnya cahaya juga bisa ditentukan sesuka hati, begitu pula dengan shadow dan highlight. Dengan lampu studio, Anda dapat  memiliki berbagai kemungkinan kreatif menghasilkan gambar. Mulai dari gambar dengan pencahayaan low key maupun high key, baik cahaya langsung ataupun cahaya terdifusi. Kelebihan lainnya adalah kontrol terhadap intensitas cahaya, sehingga subjek mendapatkan cahaya yang sesuai dengan keinginan fotografer.

Kekurangan Cahaya Buatan

  • Mahal

Apapun sumber cahaya buatan yang di inginkan, maka Anda akan mengeluarkan cukup banyak uang untuk membelinya. Sebut saja strobe studio, speedlight, maupun continous light, tentunya dibandingkan dengan cahaya natural yang gratis akan terasa  jauh lebih mahal.

Manakah Yang Terbaik, Cahaya Alami Atau Buatan ?

Tentu tidak ada jawaban pasti dari pertanyaan tersebut, karena semuanya sangat bergantung pada pekerjaan apa yang Anda lakukan. Kedua metode mampu menghasilkan gambar yang sama-sama menarik. Gambar yang baik tetaplah gambar baik, tidak perduli dihasilkan dengan cahaya alami maupun buatan.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION