6 Peralatan Di Rumah Sebagai Alat Bantu Fotografi

Sadarkah anda bahwa ada beberapa peralatan rumah tangga yang bisa kita gunakan sebagai alat bantu fotografi. Alat bantu tersebut cukup memberikan solusi menghasilkan gambar yang baik, terutama saat pemotretan indoor didalam rumah kita. Peralatan2 tersebut memang cukup sederhana bila dibadingkan peralatan di studio foto, dan mungin kita akan sedikit tertawa, karena terkadang akan terlihat lucu saat menggunakannya. Berikut adalah alat bantu tersebut:

  1. Tisu

Selembar tisu mampu memberikan efek pencahayaan lembut pada kamera. Ambil satu buah tisu dan tempatkan didepan pop up flash/flash bawaan kamera. Tisu akan memberikan efek difusi, yang mirip dengan cara kerja diffuser. Cara ini lebih efektif daripada mengarahkan kilatan flash langsung ke subjek, karena tentu cahaya yang dihasilkan akan membeku, dan kasar.

  1. Cermin

Cermin kotak berukuran kecil yang biasa digunakan istri kita bisa juga digunakan untuk memantulkan cahaya. Cara kerjanya hampir sama dengan teknik bouncing menggunakan flash eksternal, yakni menempatkan cermin didepan flash pop up untuk dipantulkan ke arah langit-langit, dan pantulan cahaya tersebut mampu memberikan cahaya lebih lembut pada subjek. Penggunaan cermin akan membutuhkan bantuan 1 anggota keluarga lain agar kita bisa fokus dengan kamera dan dibutuhkan beberapa eksperimen untuk menghasilkan efek pencahayaan yang sesuai.

  1. Lampu

Tentu kita tidak akan kesulitan menemukan lampu didalam rumah. Lampu jenis apapun bisa kita gunakan, lampu meja, lampu neon, bahkan juga lampu emergency.Caranya, kita bisa mengumpulkannya dalam 1 ruangan untuk memberikan pencahayaan yang kuat.

  1. T-shirt warna putih

Jika cahaya lampu yang dihasilkan terlalu kuat anda bisa menggunakan bantuan t-shirt berwarna putih untuk mereduksi cahaya. Cara ini menghasilkan cahaya mirip yang dihasilkan oleh soft box, namun lagi lagi anda akan membutuhkan bantuan teman untuk memegangnya. Anda juga akan membutuhkan bantuan hanger untuk meregangkan t-shirt tersebut.

  1. Selimut warna putih

Jika langit-langit rumah anda cukup tinggi dan tidak bisa digunakan untuk bouncing, kita bisa menyiasatinya menggunakan selimut yang biasa kita pakai. Caranya adalah menempelkan selimut putih tersebut pada dinding sebelah kanan/kiri kita. Untuk memantulkan cahaya dari flash pop up ke selimut akan juga dibutuhkan bantuan cermin kecil pada poin 1.

  1. Meja dan Buku

Meja dan tumpukan buku-buku bisa kita gunakan sebagai alteratif pengganti tripod, tapi bukan sesuatu yang kemampuannya bisa dibandingkan dengan tripod. Kita akan sedikit repot untuk menggeser meja dan menyusun buku-buku diatasnya untuk menahan kamera.

Beberapa perlatan rumah tangga bisa kita manfaatkan sebagai alat bantu fotografi, dan dagi anda yang memiliki budget kurang tidak perlu berkecil hati. Peralatan-peralatan tersebut tentu bukan sesuatu yang ideal, namun mampu bekerja menutupi beberapa kekurangan.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION