Memahami Fotografi Fashion Dan Beauty Shot

Fotografi fashion adalah aliran fotografi yang lebih memfokuskan diri memotret dan menampilkan berbagai mode pakaian serta aksesoris fashion lainnya, yang terkait dengan life-style yang sedang berjalan pada masa tersebut. Umumnya foto – foto fashion digunakan untuk diterbitkan di majalah fashion, industri periklanan, atau beredar di kalangan desainer.

Seiring berjalannya waktu, fotografi fashion telah mengembangkan sentuhan komersial dan estetika di mana tampilan mode, diperkuat dengan aksesoris dan daerah eksotis dengan pencahayaan yang beragam. Mulai dari cahaya yang berkesan dramatis, lembut, kontras, bahkan gabungan dari beberapa efek cahaya.

Dalam fotografi fashion, seorang fotografer bertugas untuk menghasilkan atau menampilkan konsep foto dari produk fashion yang akan dijual ke dalam bentuk visual. Dan hal penting yang jangan sampai dilupakan adalah, tampilan gaya-hidup pada masa yang ingin ditampilkan harus terlihat dengan jelas pada fotografi fashion tersebut.

Fotografi Beauty-shot

Beauty-shot adalah sebuah istilah dalam dunia fotografi yang berarti segala sesuatu yang dihasilkan dalam fotografi selayaknya tampak cantik, menarik, dan mengeluarkan aura dari foto tersebut. Maka tugas utama dari seorang fotografer bukan lagi tentang teknik pencahayaan, tapi kemampuan untuk mempelajari dan mendalami, karakter serta anatomi wajah dari model yang akan difoto.

Selain anatomi wajah dan tubuh, tugas lain yang tidak kalah penting bagi fotografer adalah mampu memberikan arahan dan membangkitkan rasa percaya diri model. Tujuannya ialah, agar fotografer dapat memotret model dengan maksimal dari sudut yang baik dan benar. Selain ekspresi wajah model yang menjadi perhatian, maka ekspresi gerak atau pose model juga merupakan hal yang harus mendapat perhatian penting, sehingga antara ekspresi wajah dan pose model menjadi satu kesatuan yang menimbulkan aura keindahan dari foto yang dibuat. Untuk mencapai hal tersebut, maka dibutuhkan komunikasi yang baik antara fotografer dan model.

Tips memotret fotografi fashion beauty-shot

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu mendapatkan hasil fotografi fashion & beauty-shot yang baik dan benar:

  • Persiapkan segala sesuatunya dengan menyusun perencanaan dan konsep yang lengkap untuk pemotretan. Ini adalah salah satu tips fotografi fashion yang paling penting, karena menampilkan sebuah cerita dalam foto adalah salah satu yang terbaik.
  • Ciri utama fotografi fashion dan beauty-shot yang berhasil adalah terletak pada pemahaman karakter. Maka sebaiknya kenali model dengan berbicara pada mereka untuk mencoba menjalin hubungan. Memiliki hubungan yang baik dan nyaman dengan model akan membuat sesi pemotretan berjalan lancar.
  • Jangan ragu atau takut untuk memberikan arahan kepada model. karena sesi pemotretan Anda mempunyai sebuah cerita untuk ditampilkan. Anda harus mengkomunikasikannya pada orang-orang di dalam foto. Yakinlah tentang pandangan Anda untuk foto, tanpa terlalu memerintah atau bersikap kasar.
  • Pastikan Anda memakai asesori untuk mengatur pencahayaan yang tepat, sesuai dengan konsep yang telah diperkirakan sebelumnya.
  • Baik pemotretan di luar atau di dalam ruangan, Anda perlu mengatur teknik pencahayaan yang tepat. Dengan dibantu penguasaan teknik pencahayaan yang baik, maka foto yang Anda kerjakan akan memiliki soul/jiwa/karakter yang kuat.
  • Ingatlah, dalam fotografi digital, sesi pemotretan hanyalah bagian dari suatu rangkaian proses foto, masih ada bagian post-production untuk foto tersebut. Oleh karenanya pikirkan dengan tepat dan jangan terburu-buru dalam melakukan eksplorasi pencahayaan. Kejelian mata-hati Anda dalam melihat pencahayaan menjadi salah satu faktor keberhasilan foto yang Anda buat.
  • Foto fashion dan beauty-shot dapat dibuat dalam bentuk warna ataupun hitam-putih.
  • Anda boleh memakai lensa semi-wide sampai dengan tele, untuk mendapatkan efek visual sesuai dengan konsep fotonya.
  • Terakhir, penjiwaan pemotretan menjadi kata kuncinya. Dengan penjiwaan tentunya akan memberikan sentuhan yang berbeda dengan karya yang lain.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION