Jony Sasmito Ingin KFI Jadi Jendela Fotografi Indonesia

Tingginya minat masyarakat pada bisa seni fotografidi Indonesia, bisa dirasakan sejak 7 tahun lalu. Dan hingga kini, sangat banyak bermunculan fotografer – fotografer muda yang menggemari berbagai genre fotografi. Pesatnya minat masyarakat tersebut, selain ditunjang oleh maraknya pengguna situs jejaring sosial, juga disebabkan begitu banyaknya komunitas fotografi yang muncul ditengah masyarakat. Salah satu komunitas fotografi tersebut yakni Komunitas Fotografi Indonesia (KFI).

Diungkapkan oleh Jony Sasmito, selaku founder dan juga Ketua di KFI, bahwa komunitas ini didirikan pada tanggal 29 Juni 2011 silam.  Iapun mengisahkan, awal mulanya mendirikan KFI didorong rasa mirisnya karena kerap melihat foto – foto keindahan alam (landscape) Indonesia, namun yang memotret adalah fotografer luar negeri.

“Saat itu saya tergugah, kan di Indonesia banyak fotografer, apa karena tidak ada wadahnya yah?. Akhirnya saya coba untuk membuat komunitas, dengan harapan bisa menyatukan teman – teman fotografer. Dan bisa menjadi wadah bagi fotografer untuk berkembang dan belajar bareng sehingga bisa menjadi fotografer yang handal.”ujarnya.

Ditambahkan oleh Jony, bahwa saat mula KFI dibentuk di Facebook, respon dari rekan – rekan sesama fotografer sangat tinggi. Dari awalnya hanya berjumlah ribuan orang saja, namun seiring berjalannnya waktu, saat ini sudah berjumlah 286 ribu lebih anggotanya. Bahkan anggota KFI juga bukan hanya berada di seluruh provinsi Indonesia saja, diluar negeripun cukup banyak yang menjadi member KFI. Untuk saat ini, anggota yang tersebar diluar negeri ada di 4 negara, yakni Australia, Hongkong, Taiwan dan Korea.

Dengan melihat perkembangan yang ada, Iapun mengharapkan agar dari komunitas yang ia pimpin tersebut bisa tercipta industri fotografi. “Ada make up art, ada wardroberer, ada fotografer, ada travel agen dan yang lainnya di KFI. Kalau mereka saling kenal, mereka akan membentuk suatu konsep karya foto diantara mereka, yang otomatis akan menghasilkan uang dan jadi industri disitu.”tuturnya.

Lebih jauh ia menambahkan, bahwa harapan terbesarnya adalah, ingin menjadikan KFI sebagai jendela fotografi Indonesia. Sehingga, orang – orang yang hendak melihat Indonesia, khususnya orang luar negeri, bisa melihatnya lewat karya foto yang di posting oleh anggota KFI. “Dimana sih kalau mau melihat Indonesia itu? Saya ingin orang luar bisa melihat Indonesia melalui KFI. Bisa melihat indahnya panorama alam Indonesia, budayanya, aktifitas orang Indonesia dan lain sebagainya.”ucapnya ketika ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION

Comments

  • Roy Sadewa (KFI TEGAL – REG JATENG) November 4, 2018 at 4:23 am

    Salam THE POWER OF SHARING

    Reply