Mengetahui Tentang Efek Distorsi Pada Lensa Kamera

Anda mungkin kerap merasakan terjadinya distorsi saat memotret suatu obyek. Distorsi ini umumnya terjadi pada lensa – lensa yang memiliki sudut lebar atau wide lens. Apakah distorsi tersebut sebuah hal negatif dan berbahaya bagi lensa atau hanya merupakan efek dari penggunaan lensa yang tidak benar?. Untuk memahami hal itu, simaklah uraian berikut ini.

  • Pengertian Distorsi

Dalam kondisi ini, Anda tidak perlu panik menghadapi distorsi yang terjadi pada lensa kamera. Perlu untuk diketahui, distorsi pada lensa memiliki pengertian sebuah aberasi optik yang bisa terjadi pada suatu pemetaan rektilinear antara bidang fokus dengan bidang fokal. Pada distorsi sendiri, biasanya terjadi variasi sudut pandang maupun sudut liput sepanjang sumbu optik yang bisa saja menghasilkan citra tidak diinginkan. Aberasi optik atau optical aberration merupakan degradasi kinerja suatu sistem optik dari kinerja standarnya dengan pendekatan paraksial optika geometris.

Intinya, distorsi pada lensa adalah ketidakakuratan lensa menangkap citra sesuai bentuk aslinya yang segaris lurus. Hal ini biasa diakibatkan karena melengkungnya optik pada lensa, dan akhirnya citra yang ditangkap menjadi ikut melengkung dibagian pinggir frame. Distorsi biasa terjadi pada lensa-lensa wide angle yang memiliki panjang fokal pendek atau bahkan sangat pendek seperti 18mm, 12mm, 10mm maupun 8mm.

  • Efek Distorsi

Para fotografer pengguna lensa wide angle pastinya sudah mengerti tentang efek distorsi pada lensa, dan mereka tidak terlalu mempermasalahkannya ketika lensa digunakan memotret landscape, bangunan kota maupun interior. Distorsi terkadang dianggap bisa menjadikan foto lebih menarik, namun juga bisa membuat jelek. Menarik dan menjadi unik bila distorsi ada pada foto-foto dengan objek arsitektur bangunan, lanscape maupun foto-foto yang tidak membutuhkan perspektif asli.

Akan tetapi, foto akan terlihat kurang bagus bila distorsi terjadi pada foto-foto resmi seperti foto orang bersama-sama (grup), foto model, dan foto-foto yang membutuhkan perspektif seperti aslinya. Pada foto grup, distorsi benar-benar sangat memperjelek foto karena nantinya orang yang berada dibagian pinggir kanan – kiri frame tidak memiliki bentuk yang proporsional. Orang dibagian pinggir kiri-kanan akan terlihat lebih tinggi dan agak miring ke tengah. Pastinya foto semacam itu tidak enak dipandang dan seperti sebuah kesalahan besar dalam fotografi.

  • Jenis Distorsi

Apakah efek distorsi ini hanya terjadi pada lensa wide angle? Sepertinya tidak, karena dalam dunia fotografi dikenal ada 2 jenis efek distorsi, yakni Barrel Distortion dan Pincushion Distortion. Untuk yang pertama yakni Barrel Distortion adalah distorsi yang memiliki kecenderungan garis melengkung keluar dan biasa terjadi pada lensa wide angle. Sedangkan Pincushion Distortion adalah kecenderungan garis yang melengkung ke dalam atau kebalikan dari Barrel Distortion dan biasa terjadi pada lensa Tele.

Jadi bukan hanya lensa wide angle saja yang memiliki kelemahan dengan adanya distorsi. Selain ada dua macam efek distorsi, ada pula distorsi yang dinamakan Mustanche Distortion. Ini adalah efek distorsi campuran dari kedua efek distorsi Barrel dan Pincushion yang kurang begitu umum, namun tetap bisa terjadi. Efek Mustanche Distortion lebih unik, karena pada frame bagian tengah terjadi lengkungan ke dalam, sedangkan pada frame bagian pinggir kiri dan kanan terjadi lengkungan keluar.

  • Mengatasi Distorsi Dengan Software

Untuk Anda yang menganggap efek distorsi ini unik untuk foto tertentu, maka sebaiknya tidak perlu melakukan perbaikan pada foto yang ada. Namun apabila Anda memiliki masalah terhadap distorsi, pastikan Anda untuk memperbaikinya dengan software editing foto. Tentu saja andalannya adalah Adobe Photoshop, karena memiliki fitur koreksi distorsi pada foto. Caranya, Anda cukup masukan foto yang terkenl distorsi ke Photoshop, lalu masuk ke Menu Filter – Distort dan pilih fitur Pinch.

Saat pemilihan fitur tersebut, nantinya akan muncul kotak window Pinch baru yang memiliki koreksi distorsi berupa garis-garis dengan lengkungan sesuai Amount angkanya. Untuk mengatasi distorsi pada foto, Anda cukup menarik titik Amount pada Pinch hingga seluruh garis visualisasi distorsinya lurus satu sama lain dan lebih porposional. Klik OK jika Anda merasa sudah pas.  Tetapi sayangnya, trik mengatasi distorsi dengan Pinch Photoshop ini tidak begitu maksimal dan sepertinya distorsi tetap terasa. Jadi trik paling ampuh mengatasi distorsi adalah dengan tidak menggunakan lensa pendek dan lensa panjang. Panjang fokal lensa yang dianggap aman dari distorsi adalah 35mm, 50mm, 85mm, dan 105mm.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION