Jenis Teknik Pengambilan Gambar Dalam Fotografi

Bagi Anda yang ingin mempelajari seni fotografi, selain mengenal masalah cahaya dan segitiga exposure, Andapun harus mengenal dan memahami sejumlah teknik pengambilan gambar. Sebab, dalam dunia fotografi, cukup banyak teknik pengambilan gambar yang harus dikuasai, agar nantinya hasil foto yang diambil bisa maksimal. Berikut ini sejumlah teknik dalam pengambilan gambar di seni fotografi.

  1. Depth of field (ruang tajam)

Teknik yang pertama adalah Depth of Field atau ruang tajam.  Adapun Hal-hal yang mempengaruhi ruang tajam adalah jarak pemotretan (jauh=luas, dekat=sempit), bukaan diafragma (kecil=luas, besar=sempit) dan jarak fokus lensa /focal length (tele=sempit, wide=luas, normal=bisa diatur). Teknik ini sangat penting dikuasai oleh fotografer, khususnya pemula, agar bisa menghasilkan kualitas foto yang tajam dan tidak buram.

  1. Panning

Teknik Panning ini merupakan salah satu cara untuk memberikan kesan gerak pada foto yang dipotret. Ketika melakukan panning, Anda harus mengikuti objek selama membidik. Hasil foto dengan menggunakan teknik ini, akan menghasilkan objek yang relatif tajam dibandingkan dengan backgroundnya yang hampir sepenuhnya blur. Untuk mendapatkan foto panning secara maksimal; dengan speed rendah (8-60), sangat disarankan untuk memakai tripod.

  1. Slow & stop action

Teknik slow action ini merupakan salah satu teknik fotografi yang bertujuan memperlihatkan/menangkap gerakan objek. Biasanya digunakan kecepatan rendah, antara 1/30 sampai 1 detik. Sedangkan teknik stop action adalah kebalikan dari slow, yaitu teknik fotografi untuk bertujuan membekukan gerak objek. Biasanya digunakan kecepatan tinggi, antara 1/125 sampai 1/4000 atau lebih.

  1. Zooming

Teknik ini adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa saat memotret. Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom. Adapun untuk mendapatkan kesan gerak, Anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik.
Dan untuk mendapatkan foto zooming yang bagus, maka pakailah tripod.

  1. Bulb

Pada teknik ini, kecepatan rana diatur sesuai dengan waktu yang diinginkan oleh fotografer. Teknik ini dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana (shutter) secara lebih lama. Untuk mendapatkan hasil foto bulb secara maksimal, selain dapat menggunakan kabel release sangat disarankan juga untuk memakai tripod.(Rul)

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION