Pulau Samataha Kaya Dengan Keindahan Laut

Balabalagan yang terdiri dari kumpulan pulau yang saling berdekatan terletak di Selat Makassar di lepas pantai timur Kalimantan tepat di tengah-tengah antara Kalimantan dan Sulawesi. Pulau yang punya 14 pulau tersebut salah satu diantaranya adalah Pulau Samataha. Dari Balikpapan dengan menggunakan perahu nelayan ditempuh selama 10 jam untuk bisa sampai ke Pulau Samataha (Itu pun dengan catatan jika ketinggian gelombangnya normal).

Sama halnya dengan Pulau Saboyang dalam hal keindahan alamnya yang tidak berbeda jauh. Untuk kelengkapan seperti listrik dan signal telepon juga belum tersedia. Namun, ada juga penduduk desanya yang menggunakan generator sebagai penerangan di waktu malam. Jika di Saboyang terdapat mata air tawar sedangkan di Pulau Samataha hanya mengandalkan air payau atau air hujan untuk memenuhi kebutuhannya. Kendati demikian, mereka nampak menikmati kehidupan yang sederhana dan bahagia.

Untuk mata pencarian penduduknya selain mengandalkan potensi perikanan dan kelautan digalakkanya parisiwisata di daerah tersebut bisa memperbaiki taraf hidup mereka. Untuk itu dibutuhkan perhatian dari pemerintah daerah setempat untuk bisa membangun sarana dan prasarana yang ada seperti listrik dan sebagainya. Sehingga tempat tersebut semakin berkembang dan masuk sebagai sebagai salah satu tujuan wisata yang tidak kalah hebatnya dengan daerah lainnya di Indonesia. (n@t/dbs)

 

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION