Kelebihan Dan Kekurangan Lensa Fix vs Lensa Zoom?

Berdasarkan jangkauan focal lengthnya, maka lensa untuk kamera baik itu untuk DSLR ataupun Mirrorless bisa dikelompokkan menjadi 2 yakni lensa prime dan lensa zoom. Dari kedua jenis lensa ini, ada sejumlah kelebihan dan juga kekurangannya di sisi yang lain. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa menyimak uraian berikut ini.

Lensa Prime

Lensa prime, atau yang sering disebut juga dengan lensa fix, adalah lensa yang memiliki satu focal length saja. Salah satu lensa fix yang paling terkenal adalah lensa 50mm. Untuk jenis lensa ini, hampir semua pabrikan kamera memproduksinya dan banyak tersedia di pasaran denga harga yang beragam. Mulai dari harga yang murah hingga yang mahal.

Kelebihan utama lensa jenis ini adalah ukurannya yang ringkas, ringan serta kualitas yang maksimal. Detail yang dihasilkan juga maksimal jernih, kaya warna, serta aperture yang lebar bisa digunakan untuk memotret pada kondisi low light serta dapat membentuk bokeh untuk mengisolasi obyek. Namun, lensa ini juga memiliki kelemahan, yakni tidak bisa digunakan untuk mengatur lebar sudut pandang pemotretan. Untuk mengatur luasnya cakupan foto yang hendak di ambil, maka fotografer harus bergerak maju atau mundur terhadap objek.

Lensa Zoom

Berbeda dengan lensa prime, jenis lensa zoom memiliki focal length yang bisa diatur pada jangkauan tertentu. Sebagai efeknya, Anda bisa mendapatkan sudut pandang dari beberapa focal length sekaligus dari satu lensa.

Sebagai contoh yang masuk kategori lensa zoom adalah lensa 18 – 135mm. Lensa ini bisa digunakan pada focal length 18mm yang masuk kategori “wide angle”, hingga 135mm yang masuk kategori “tele”. Kelebihan utama dari lensa zoom adalah bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai lebar sudut pandang foto. Anda hanya perlu membawa satu lensa untuk mengggantikan beberapa lensa prime saat traveling. Tetapi di lain sisi, kelemahan lensa zoom adalah ukurannya yang lebih besar dan bobotnya juga lebih berat dibandingkan dengan lensa fix. Selain itu, dari segi bokeh, kontrol terhadap depth of field serta kinerja di kondisi low light lensa zoom masih tertinggal dari prime.(Rul)

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION