9 Pantai Di Yogyakarta Yang Menyuguhkan Panorama Eksotik

Jika mendengar nama Jogjakarta, pastinya yang terbersit dalam benak Anda adalah sebuah kota dengan adat dan budayanya yang kental. Sebetulnya, kota Jogja tidak hanya menyimpan wisata budaya yang beranekaragam namun juga memiliki wisata pantai nan indah. Setidaknya terdapat 9 lokasi pantai di Jogjakarta yang sayang bila tidak Anda kunjungi ketika berada di kota Gudeg tersebut. Berikut 9 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Menyuguhkan Panorama eksotik itu.

  1. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat merupakan satu pantai dengan barisan tebing berwarna hijau segar. Dari atas tebing, Anda bisa menyaksikan hamparan panorama birunya air laut serta debur ombak yang eksotis. Belum banyak orang yang tahu tentang pantai ini, jadi wajar bila suasananya masih terasa alami. Selain menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona, pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul tersebut merupakan surga bagi para pemancing maupun nelayan untuk mencari ikan laut. Jadi jangan heran bila dilokasi ini Anda bertemu dengan beberapa pemancing atau nelayan.

Hampir sama seperti Pantai Pok Tunggal yang mempunyai sebuah pohon sebagai ikonnya, Pantai Kesirat juga mempunyai satu pohon abadi yang disebut Pohon Gebangkoro. Pantai Kesirat  sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk pemotretan, baik landscape atau pre wedding. Disamping itu, pemandangan sunrise maupun sunsetnya juga  sangat bagus. Sehingga sayang rasanya bila tidak dinikmati dan diabadikan dalam frame foto bagi Anda yang senang memotret.

  1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti merupakan tempat wisata yang sudah difasilitasi secara modern layaknya pantai yang terdapat di Pulau Bali. Sejumlah penginapan dan juga beranekaragam tempat makan yang menghadap langsung ke bibir pantai juga tersedia di sini. Tak ubahnya seperti wisata pantai lainnya, di pantai ini juga banyak penduduk lokal yang menyewakan payung dan tikar agar pengunjung bisa menikmati ombak dari atas pasir putihnya. Disekitar pantai Indrayanti terdapat banyak tebing yang telah diberi anak tangga untuk menuju pucuk karang, sehingga Andapun bisa menikmati indahnya pantai Indrayanti dari ketinggian.

  1. Pantai Drini

Beragam kegiatan bisa Anda lakukan di Pantai Drini ini, seperti berfoto ria atau mengabadikan moment saat matahari tenggelam atau sunset di atas hamparan pantai dan perbukitan. Pantai Drini sendiri merupakan salah satu jalur menuju Puncak Kosakora. Andapun bisa merebahkan diri di atas rerumputan hijau Bukit Kosakora semari menatap langit lepas yang begitu biru (semoga tidak mendung). Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berkemah di sini bersama keluarga, teman atau para sahabat. Sebab, tempat ini merupakan lokasi yang asik sekali untuk dijadikan lokasi berkemah ketika berlibur di Yogyakarta.

  1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah salah satu pantai di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta yang terkenal dengan kegiatan snorklingnya. Di pantai ini air lautnya yang jernih menjadikan Anda bisa leluasa melihat karang, rumput laut, serta bermacam – macam biota laut lainnya dari permukaan air. Selain untuk kegiatan  snorkeling, dipantai ini Andapun dapat berenang tanpa harus khawatir tergulung ombak besar, karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk. Karena keindahannya, wajar jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang, tetapi turis luar negeri seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura pun kerap mengunjui pantai Nglambor tersebut.

  1. Pantai Jogan

Lokasi pantai ini berada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah timur Pantai Timang, yakni sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Karakteristik Pantai Jogan berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunungkidul. Karateristik unik dari pantai ini adalah terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Selain itu pantai ini nyaris tidak memiliki pasir pantai sebagai pembatas wilayah antara daratan dan lautan. Namun sebaliknya, pantai ini berbatasan langsung dengan tebing.

Sepanjang jalan masuk ke Pantai Jogan, Anda akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal dari air terjun Jogan. Air sungai tersebut berasal dari perbukitan karst yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Saat musim hujan, air terjun ini akan terlihat semakin cantik karena debit air yang mengalir menjadi lebih besar.

  1. Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan sebuah pantai unik yang menawarkan beberapa spot yang tidak akan Anda jumpai di pantai lain. Wisata pertama Pantai Glagah adalah wisata laguna. Laguna ini terletak di sisi barat Dermaga, tempat yang membagi pantai menjadi dua area. Satu area berisi gundukan pasir dan berbatasan langsung dengan laut. Dan satu area lagi masih ditumbuhi tanaman pantai dan reumputan yang menghijau. Di cekungan air besar yang menyerupai danau ini, Andapun bisa menikmati berbagai wisata air seperti mengelilingi laguna dengan perahu, berenang atau mendayung kano yang disewakan.

Bagi yang tertarik melihat perkebunan di pantai ini, Anda bisa mengunjungi area agrowisata yang mengembangkan buah Naga dan bunga Rosella. Pantai Glagah memang sangat terkenal dengan agrowisata dua tanaman ini di  Yogyakarta.

  1. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo ini adalah pantai yang berbentuk teluk dengan dinding perbukitan berwarna hijau subur. Pemandangan di kawasan pantai ini cukup indah dan sangat sesuai bagi Anda pecinta olahraga hiking. Berkemah di kawasan pantai Wediombo adalah kegiatan yang menyenangkan karena lingkungan sekitar yang tenang sangat mendukung. Di pantai tersebut, Anda akan disuguhi pemandangan dari jalan di atas pantai Wediombo yang luar biasa. Terlihat jelas warna laut yang kuning kehijauan dengan pasir pantainya yang putih bersih.

  1. Pantai Ngrenehan

Salah satu pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul adalah Pantai Ngrenehan, Pantai tersebut terletak di bagian Barat Gunung Kidul, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Yogyakarta. Akses menuju tempat ini memang lebih susah dibanding pantai-pantai Gunung Kidul lain yang ada di bagian Timur. Namun ketika Anda berkunjung ke Jogjakarta, sempatkan lah untuk melihat indahnya pemandangan di Pantai Ngrenehan ini, karena dijamin Anda tidak akan menyesal.

Pantai Ngrenehan memang tidak seramai pantai-pantai lain di Yogyakarta, lebih terlihat seperti pantai pribadi. Karena itu keindahan pantai ini masih alami, pasir putih dan biru air laut terbingkai dalam jejeran karang, pantai ini juga diapit oleh dua tebing tinggi dikanan kirinya. Pantai Ngrenehan berbeda dengan pantai-pantai selatan pada umumnya yang berombak besar, di pantai ini hampir tidak ada ombak, jadi Anda dan keluarga bisa aman berenang disana.

  1. Pantai Parangtritis

Parangtritis memiliki pemandangan yang unik yang tidak terdapat pada obyek wisata lain, yaitu pantai yang memiliki ombak besar serta terdapat gunung-gunung pasir disektar kawasan pantainya yang disebut gumuk. Pada musim kemarau, angin biasanya akan bertiup lebih cepat dan ombak akan bisa mencapai ketinggian 2 – 3 meter, sehingga Anda dilarang berenang di seputaran pantai. Namun jangan khawatir, untuk itu sudah disediakan fasilitas pemandian umum yang bisa digunakan untuk para traveler yang ingin berenang dengan aman dan nyaman.

Angin di Pantai Parangtritis cukup kencang. Karena itu, sangat mudah dan asyik menerbangkan layang-layang di sini. Jika ingin menikmati suasana Parangtritis dengan tenang, datanglah agak siang. Semakin sore, pengunjung yang datang akan semakin banyak. Mereka baru bubar ketika matahari telah tenggelam di ufuk barat.(Rul)

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION