Yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula Tentang Lensa Fisheye

Lensa fisheye merupakan lensa khusus yang memiliki ciri yakni mampu menangkap kisaran sudut yang sangat luas dibandingkan dengan lensa sudut lebar. Lensa fisheye bisa menangkap foto dengan kisaran 180 derajat, yang memungkinkan Anda menghasilkan foto dengan perifer yang sangat terdistorsi. Di sini, akan dijabarkan mengenai dua jenis efek dari lensa fisheye, dan bagaimana besaran sensor kamera serta panjang fokus memengaruhi gambar fisheye Anda.

Efek Fisheye Lingkaran v.s. Fisheye Diagonal

Dengan menggunakan lensa fisheye saat mengambil gambar, maka akan didapat hasil foto yang jauh lebih luas di hadapan Anda. Ada dua jenis efek fisheye yang dapat diperoleh dengan menggunakan lensa fisheye, yakni circular fisheye (fisheye lingkaran) dan diagonal fisheye. Adapun jenis efek fisheye yang secara aktual dapat dihasilkan, tergantung pada ukuran sensor kamera Anda.

Efek circular fisheye memberikan sudut pandang 180 derajat di seluruh perifer (secara horizontal, vertikal, dan diagonal), dengan distorsi seperti barel. Vinyeting terjadi di sudut bingkai gambar, yang menciptakan efek “tunnel vision”, dan pemandangan tampak seakan dikandung dalam suatu lingkaran.

Anda bisa mendapatkan efek circular fisheye pada panjang fokus sekitar 8mm apabila menggunakan lensa fisheye pada kamera full-frame. Hal yang berbeda apabila Anda menggunakan kamera jenis APS-C. Anda tidak akan bisa mendapatkan efek fisheye lingkaran yang menonjol, bahkan jika Anda membidik pada 8mm. Hal itu disebabkan, karena panjang fokus setara film 35mm yang Anda miliki, secara aktual adalah 13mm.

Sementara efek diagonal fisheye, menangkap kurang-lebih sudut pandang diagonal 180 derajat, dan tampilan perifer gambar yang sangat terdistorsi. Ini diperoleh pada panjang fokus sekitar 15mm pada kamera full-frame, dan 10mm pada kamera APS-C. Efek ini juga dikenal sebagai efek “full-frame fisheye” karena menghasilkan gambar yang mencakup seluruh bingkai.

Perbedaan Distorsi Lensa Fisheye Dan Lensa Sudut Lebar

Pada umumnya, semakin pendek panjang fokus, semakin rentan pula lensa terhadap distorsi pada perifer gambar. Namun demikian, lensa sudut lebar didesain untuk menekan distorsi dengan menggunakan elemen lensa korektif khusus, seperti elemen lensa asferis. Secara kontras, lensa fisheye tidak menekan distorsi yang muncul di bagian perifer. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menciptakan gambar dengan distorsi yang sangat berlebihan.(Rul)

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION