Lensa Terbaik Yang Bisa Dijadikan Pilihan Untuk Foto Landscape

Landscape fotografi merupakan salah satu genre fotografi yang paling populer dikalangan fotografer, baik di Indonesia ataupun di manca negara. Karena dalam fotografi landscape, selain penuh dengan tantangan serta kesenangan tersendiri saat melakukan pemotretan, Anda juga bisa menikmati keindahan panorama obyeknya.

Namun untuk fotografi landscape, pemilihan lensa yang tepat untuk pemotretan cenderung menjadi bahan pemikiran yang penting bagi fotografer, terutama untuk pemula. Memang benar bahwa lensa kamera memberikan pengaruh yang sangat besar dan dominan terhadap foto dibandingkan dengan kamera itu sendiri. Ketajaman gambar, perbandingan subjek, jarak pandang yang fokus, kejelasan suatu gambar, dan rincian lainnya, semuanya itu hampir ditentukan secara eksklusif oleh lensa kamera,

Sehingga nampaknya masuk akal untuk menghabiskan lebih banyak hal pada lensa dari pada kamera itu sendiri. Dan banyak fotografer setuju, bahwa mereka akan selalu lebih memilih kamera yang murah dengan lensa yang berkualitas, dan bukan sebaliknya. Memang lensa terbaik dan yang paling mahal memungkinkan seorang fotografer untuk menggunakan wide apertures f/2 atau bahkan lebih lagi.  Lensa ini adalah lensa yang luar biasa dan sangat berguna untuk menciptakan latar belakang yang lembut serta memotret pada cahaya yang rendah. Tapi pada umumnya, foto landscape sering dilakukan dengan menggunakan wide apertures.

Oleh sebab itu, menyadari betapa pentingnya lensa untuk menghasilkan foto yang bagus, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi pilihan lensa yang tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan foto landscape Anda.

  1.  ULTRA WIDE & WIDE ANGLE LENS

 Lensa dengan sudut lebar, akan menangkap keseluruhan area yang akan Anda potret secara lebih maksimal. Lensa ini merupakan lensa pilihan yang sangat populer di kalangan fotografer landscape untuk menghasilkan foto yang bagus. Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati dalam pemilihan lensa dengan sudut yang lebar. Karena jika terlalu lebar, maka Anda akan mendapatkan efek fisheye, dimana gambar tersebut akan mengalami distorsi atau menyimpang ke tepi, yang biasanya terjadi pada 18 mm atau lebih rendah. Berikut ini adalah lensa dengan sudut lebar terbaik yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin mendalami foto landscape:

  • Lensa Nikon AF-S Nikkor 14-24 mm FX f / 2.8 merupakan salah satu lensa dengan sudut lebar terbaik (top-of-the-line) bagi mereka yang memotret dengan kamera Nikon. Jarak zoom (pandang) yang dimiliki oleh lensa ini memungkinkan Anda memilih panjang titik fokus terbaik untuk setiap adegan tertentu dan aperture yang lebar membuatnya menjadi lensa serbaguna untuk kepentingan yang lainnya.
  • Canon EF-S 15-85mm f / 3.5-5.6, lensa ini mempunyai jarak zoom yang luar biasa. Dimulai dengan lebar 15 mm dan diperpanjang sampai ke jarak standar 85 mm, sehingga mencakup sedikit area tanah. Lensa ini dapat menghasilkan foto yang tajam dan menangkap gambar yang kuat (penuh daya tarik), serta tidaklah terlalu berat untuk membawa lensa ini berkeliling bersama dengan anda untuk memotret landscape.
  • Lensa Tamron 10-24mm f / 3.5-4.5 merupakan pilihan yang sangat bagus jika berhubungan dengan harga atau anggaran. Lensa ini dapat menghasilkan gambar yang bagus dengan jarak yang cukup luas, dan anda dapat memperolehnya dengan harga yang relative lebih terjangkau. Ada versi lensa Tamron juga yang bisa cocok untuk digunakan pada kamera Nikon, Canon, Pentax, dan Sony DSLR.
  1.  LENSA Medium Range

Lensa standar ini bagus untuk memotret obyek dimana Anda mungkin perlu untuk menghilangkan elemen – elemen yang mengganggu foto anda agar benar-benar bisa fokus pada pemandangan (landscape), atau untuk lebih fokus pada hal-hal yang lebih rinci. Sekalipun lensa medium ini memiliki harga yang cukup terjangkau, soal kualitasnya tetap bisa di andalkan. Berikut ini adalah lensa standar terbaik untuk foto landscape:

  • Lensa kamera Nikon AF-S Nikkor 24-70mm FX f / 2.8 merupakan kamera yang dilengkapi denga lensa pembesar (zoom) yang sangat baik yang dapat digunakan untuk memotret berbagai macam subjek, termasuk landscape. Lensa ini cukup mahal, tapi jarak zoom kamera ini dapat menyentuh opsi (pilihan) angle Anda dan mengarahkannya ke posisi standar, sehingga anda tidak perlu membeli atau membawa dua lensa saat melakukan pemotretan di alam terbuka.
  • Lensa Canon EF 24-70mm f / 2.8L II adalah lensa yang luar biasa jika anda memotret dengan menggunakan kamera Canon. Sekali lagi, lensa ini bisa mengambil gambar dengan jarak yang cukup lebar sampai ke ukuran standar. Disamping itu juga, lensa ini memiliki aperture lebar yang cukup bagus untuk memotret jenis foto yang lain juga.
  • Lensa Nikon 50mm f / 1.8 tidak memiliki zoom, tetapi harganya cukup terjangkau dan menghasilkan gambar yang bagus. Lensa ini juga dilengkapi dengan aperture yang lebar sehingga memungkinkannya untuk memotret jenis foto lainnya juga.
  • Lensa STM Canon EF 50mm f / 1.8, sekalipun dijual dengan harga yang relative terjangkau, tapi dapat menghasilkan gambar yang cukup tajam. Lensa ini tidak memiliki zoom, tapi dengan harga yang cukup murah seperti ini, anda bisa mendapatkan aperture dengan posisi f/1.8.
  1. TELEPHOTO LENS (LENSA JARAK JAUH)

Sekalipun jarang digunakan untuk fotografi landscape, lensa jarak jauh (telephoto lens) tentunya memiliki kegunaan tersendiri. Kadang-kadang, foto landscape mencegah anda untuk berada cukup dekat dengan air terjun yang hendak anda jadikan subjek, atau untuk menampilkan suatu yang lebih rinci pada adegan tersebut.

Maka lensa telephoto inilah yang akan menolong Anda seakan berada cukup dekat dengan subjek anda. Lensa telephoto ini memang untuk harganya cenderung lebih mahal, terutama yang memiliki aperture lebar seperti f2.8. Tapi karena anda tidak perlu menggunakan aperture yang super luas saat memotre landscape, maka anda tidak harus membeli lensa jarak jauh dengan harga yang sangat mahal. Sebagai option, Anda dapat membeli lensa tele yang memiliki bukaan f4, dengan kisaran harga yang lebih terjangkau.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk menghasilkan foto landscape yang bagus maka anda harus menggunakan lensa sudut lebar agar objek yang nampak pada mata bisa terambil secara menyeluruh. Hal ini tidaklah salah, namun juga harus dipahami bahwa terkadang sebuah foto landscape dapat menjadi lebih bagus ketika subjek terisolasi sehingga menciptakan sebuah foto yang lebih sederhana namun kuat. Disinilah peran lensa tele dibutuhkan.

Lensa tele sangat cocok disaat anda ingin menciptakan foto dengan komposisi untuk memberikan fokus atau penekanan yang menonjol terhadap suatu objek, misalnya sebuah bangunan atau pohon. Berikut adalah lensa jarak jauh (telephoto lens) terbaik untuk foto landscape:

  • Lensa kamera Nikon 70-200mm f / 4G ED VR lebih ringan dibandingkan dengan lensa jarak jauh lainnya yang ada dipasaran. Meskipun tidak memiliki aperture yang super lebar hingga 22.8, lensa ini cukup bagus untuk menghasilkan foto landscape dengan gambar yang tajam.
  • Lensa USM Canon EF 70-200mm f / 4 IS mengambil gambar dengan jarak yang cukup bagus dengan hasil yang tajam. Karena aperturenya juga tidak terlalu lebar, otomatis harganya juga lebih terjangkau. Lensa ini memiliki kinerja yang sangat sangat baik untuk setiap foto landscape yang anda ingin tampilkan dalam jarak yang dekat

KESIMPULAN

Akhirnya, sekalipun lensa sudut lebar haruslah menjadi hal pertama yang anda tambahkan pada kamera anda untuk fotografi landscape, tapi komposisi dan kreativitas anda hanya akan meningkat, jika anda juga bekerja dengan lensa yang standar atau medium range dan lensa jarak jauh.

Untungnya, Anda tidak memerlukan lensa yang terbaik dan terang untuk foto landscape Anda. Untuk beberapa kasus, Anda mungkin harus mengambil gambar dengan aperture yang kecil serta harus menggunakan tripod, karena harus menyesuaikan dengan subjek yang anda ambil. Teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah. Jadilah fotografer yang kreatif.(Rul/dbs)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION