10 Website Berbagi Foto Terpopuler

 

Dari waktu ke waktu, perkembangan teknologi semakin bertambah pesat seiring dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan manusia, termasuk tentang fotografi. Dengan makin tingginya minat masyarakat untuk mendalami seni foto, maka tidaklah heran jika kini banyak bermunculan sosial media, website, aplikasi serta software berbagi foto  yang dapat digunakan untuk membagi informasi. Melalui itu semua, Anda bis bertukar informasi, ide, ilmu dengan foto atau gambar. Karena foto atau gambar memiliki seribu makna. Berikut ini adalah 10 website berbagai foto dan gambar terpopuler yang tengah di gandrungi oleh sejumlah berbagai lapisan masyarakat.

  1. Flickr

Website berbagi foto milik Yahoo tersebut hingga kini masih menjadi yang terpopuler serta powerfull dan merupakan situs komunitas online. Flikcr juga dimanfaatkan oleh para blogger atau para fotografer untuk menyimpan hasil foto pribadi mereka. Flickr identik dengan tempat menyimpan foto-foto dari fotografer profesional, Maka tidaklah heran apabila disitus ini banyak ditemukan hasil jepretan yang luar biasa. Flikcr memberikan 300 mb upload, dengan batas 15 mb per foto perbulan untuk akun gratis. Dan jika lebih dari itu anda harus membayar dengan membuka account pro. Kelebihan flikcr adalah fitur dan kualitas gambar yang diupload sangat mendekati image/foto aslinya. Disamping itu, Anda juga dapat memilih ukuran foto yang diinginkan, dengan loading yang cepat.

  1. Imgur

Imgur merupakan situs berbagi foto dan gambar atau lebih cenderung ke layanan image hosting online dan gratis. Imgur sangat sederhana, mudah, simpel dan cepat, baik saat proses registrasi maupun pada saat mengupload foto/gambar. Anda dapat mengupload image tanpa batas, karena ruang penyimpanan yang disediakan oleh layanan ini adalah unlimited. Anda juga dapat menggunakan image dari komputer maupun dari internet untuk di share ke sosial media atau jejaring sosial yang Anda kehendaki, melalui imgur.

Fitur yang tersedia di Imgur adalah Anda dapat mengetahui kapan image tersebut di upload, ukuran file yang digunakan dan jumlah view image, tombol share, like atau dislike dan kolom komentar.

  1. Pinterest

Pinterest adalah pinboard virtual dimana Anda  dapat mensharing foto, pinning atau me-repin. Pinterest juga dapat dikatakan media sosial atau situs photo sharing yang hadir dengan konsep papan pin dalam bentuk online atau virtual. Pinterest sangat mudah dalam penggunaannya, mengasyikan serta  menawarkan ide lain yang menyegarkan. Anda dapat menemukan foto, gambar atau video yang menarik yang Anda sukai, dan dapat me-repin-nya ke akun pinterest Anda. Selain itu, Anda juga dapat membagi pin atau repin Anda ke sosial network yang lain seperti facebook dan twitter. Terdapat berbagai macam kategori yang dapat di pilih sesuai dengan minat Anda dan juga dapat me-repin tanpa harus mem-follow pemilik gambar/foto di pinboard tersebut.

  1. Picasa

Jika flickr milik yahoo, picasa adalah milik google, persaingan dua raksasa internet ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meskipun Picasa adalah software aplikasi pengelola foto dan gambar, namun juga dapat digunakan sebagai hosting gratis penyimpanan dan berbagi foto. Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya dan harus memiliki akun gmail untuk login.

Banyak blogger menggunakannya untuk menyimpan dan mengupload image mereka. Kelebihan picasa adalah gratis dan unlimited. Karena ini adalah produk google, picasa dapat diintegrasikan ke dalam layanan google yang lain seperti smartphone android. Picasa sangat mudah dan simple, selain itu Anda  juga dapat mengatur serta mengedit gambar di picasa.

  1. Photobucket

Photobucket adalah website berbagi foto dan layanan hosting image serta video secara gratis dan selain itu juga menawarkan album grup, scrapbook builder, slideshow builder dan remix builder. Menggunakan photobucket cukup mudah, Anda juga dapat melihat-lihat image dari beberapa kategori yang tersedia, tanpa harus sign up. Sebagai image uploader, photobucket cukup mudah untuk digunakan, Andapun dapat mengupload foto apa saja, bahkan sekedar gambar coretan. Dan kerennya, saat meload halaman juga tidak terlalu berat.

  1. Instagram

Instagram sebenarnya adalah sebuah aplikasi photo sharing, yang mengijinkan penggunanya mengambil foto dan mengunggahnya ke sosial media, blog, website dan juga website resmi milik Instagram. Sebelum menggunakan instagram maka Anda harus mendownload aplikasi tersebut melalui gadget, yang tentunya telah support untuk aplikasi instagram. Instagram sangat menarik, karena foto yang Anda ambil hasilnya seperti kamera profesional atau seperti kamera polaroid. Meski foto-foto yang dapat diunggah melalui instagram tidak terbatas jumlahnya, namun instagram memiliki peraturan untuk ukuran foto.

  1. Fotolog

Fotolog adalah situs berbagi foto serta situs foto-blogging terkemuka di dunia. Fotolog juga dikategorikan sebagai sosial networking dan sebuah fenomena budaya global. Fotolog merupakan cara sederhana dan menyenangkan untuk mengekspresikan diri melalui foto blog dan menghubungkannya dengan orang lain. Anda dapat menjelajahi alam semesta di Fotolog dan mengetahui budaya dari orang-orang yang berbeda.

  1. Meetup.com

Meetup.com juga merupakan situs photo sharing dan juga merupakan sebuah portal social networking online yang memfasilitasi pertemuan kelompok offline dari berbagai penjuru dunia sehingga dapat berinteraksi secara online di internet dan membagi foto ke member yang lain. Meetup menjembatani seseorang menemukan dengan orang lain atau kelompok yang memiliki kesamaan hobby, kepentingan, minat atau tujuan, seperti pencinta alam, politik, buku, kesehatan, film, binatang dll. Lebih dari 600 ribu foto diupload ke website ini setiap bulannya dan dipastikan jumlahnya akan terus bertambah.

  1. Tumblr

Tumblr adalah salah satu website untuk berbagi foto, gambar, video dan lain-lain. Tumblr juga merupakan bentuk variasi dari blog, dimana para penggunanya dapat memposting apa saja termasuk tulisan, foto, video, quote, audio, chat, dan link. Tumblr sangat menarik, karena disini Anda dapat memposting gambar dalam format gif, sehingga image yang diposting tidak terkesan monoton. Tumblr juga sangat sederhana dan mudah digunakan. Anda dapat mencari informasi atau sekedar blog walking tanpa harus mendaftar sebagai pengguna. Misalnya saja jika Anda ingin mencari ide craft, maka Andapun tinggal mencarinya di google dengan keyword yang dimaksud dengan ditambah kata tumblr. Maka akan banyak muncul blog tumblr sejenis atau yang berkaitan. Mayoritas pengguna tumblr menggunakan image dengan size yang cukup besar, sehingga loadingnya akan memakan waktu.

  1. Panoramio

Panoramio ini ialah situs berbagi foto atau mesin pencarian gambar milik Google yang berorientasi pada geolokasi. Panoramio dapat mengatur dan menampilkan foto secara gratis berdasarkan lokasi gambar di Bumi. Foto pada Panoramio adalah gambar standar yang digunakan di Google Earth dan Google Places. Langkah pertama Anda harus memiliki akun google mail untuk sign up ke panoramio. Selanjutnya, Anda  dapat dengan mudah mengupload dan mencari foto yang di inginkan, misalnya tempat-tempat wisata yang keren-keren seperti Kintamani, Candi Borobudur, Tanah Lot, Dreamland dan yang lainnya.(Rul/dbs)

 

 

 

 

 

 

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION