Nasi Lemak Khas Malaysia Layak Jadi Menu Favorit Anda

Anda mungkin pernah mendengar nama Nasi lemak? Ya itu merupakan makanan khas Semenanjung Malaya. Adapun bahan utama hidangan ini berasal dari beras putih dan ditanak dengan santan serta  daun pandan. Lemak dalam bahasa melayu, atau lamak dalam bahasa Minang, berarti olahan berminyak yang berasal dari santan kelapa.

Di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Riau, Jambi, Medan serta khususnya di Jakarta,  nama makanan ini  sudah sangat familiar di telinga para pecinta kuliner. Umumnya, kudapan yang terdiri dari nasi gurih berlauk telur dadar, kacang goreng, irisan mentimun dan sambal bilis atau teri ini kerap menjadi menu favorit untuk sarapan atau juga makan malam.

Dulu, nasi lemak dibungkus dengan daun pisang menjadi bekal petani saat ke sawah atau para pekerja kebun sawit dan karet. Dalam perjalanannya, nasi lemak mempunyai banyak varian. Di beberapa rumah makan di Malaysia, nasi lemak yang menjadi menu utama bisa disajikan dengan berbagai macam lauk pauk. Tidak hanya telur dan ikan teri, nasi lemak juga disandingkan dengan gulai ayam, gulai kambing, rendang, sotong, dan aneka ragam sayuran.

Sementara di Jakarta, cukup banyak rumah makan atau restoran yang menyajikan nasi lemak sebagai salah satu menu utamanya. Berdasarkan penelusuran, ada 7 restoran di wilayah Jakarta yang bisa di jadikan referensi untuk Anda, yakni :

  • Penang Bistro

Di Restoran yang berada di Kota Kasablanka serta Grand Indonesia, Anda dapat menyantap nasi lemak dengan lauk pendamping ikan asin balado, kari ayam, teri kacang, cumi balado, irisan telur dadar dan juga kentang kering plus timun serta sambal. Soal rasa, Anda tidak usah merasa khawatir, pasti akan ketagihan begitu mencicipinya.

  • Uncle Fat

Meskipun restoran ini berasal dari Singapura, namun untuk menu nasi lemaknya banyak di pengaruhi oleh bumbu nasi lemak melayu. Menu andalan di restoran ini adalah nasi lemak lengkap dengan signature sausnya yang lezat. Dalam seporsi nasi lemak, terdapat lauk pendampingnya seperti sayap ayam goreng, teri kacang, telur mata sapi, otak – otak pedas serta sambal. Untuk lokasi Uncel Fat Restoran berada di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara.

  • Pappa Jack

Di resto ini, pengunjung akan di manjakan dengan sajian nasi lemak yang special rasanya. Lauk utamanyapun sangat beragam, mulai dari kari ayam, cumi dan udang, ikan dori saus kari, sambal cumi hingga daging kambing. Sedangkan untuk lauk pendampingnya, ada teri goring, kacang goring, telur rebus serta irisan ketimun dan sambal goring. Untuk lokasi restoran Pappa Jack ada di beberapa lokasi, salah satunya di Boulevard Kelapa gading.

  • Penang Paradise

Citarasa nasi lemak di Penang Paradise sangat kental banget dengan khas Melayu. Menu favorit pengunjung adalah nasi lemak rendang yang sangat nikmat. Isinya pun komplit, ada ikan bilis goreng, tempe kering, kentang kering, kerupuk udang, irisan timun serta sambal. Dan bagi Anda yang tidak mengkonsumsi daging rending, Anda dapat menggantinya dengan nasi lemak ayam gulai atau nasi lemak sambal yang sama enaknya. Lokasi Penang Paradise, selain berada di Mall Kelapa gading, juga ada di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

  • Restoran Seribu Rasa

Bila Anda berkinjung ke restoran yang satu ini, wajib rasanya untuk menyantap Mallaca Nasi Lemak yang sudah terkenal diantara para pelanggannya. Nasi lemak disini terdiri dari nasi gurih yang berbentuk kerucut dengan lauk rendang daging, sambal udang, keripik kentang, telur rebus/irisan telur dadar, serundeng, tumis sayuran dan sambal. Selain nasi lemak, Anda bisa memesan menu lainnya seperti hidangan seafood, dessert dan menu Asia lainnya yang bisa memanjakan lidah pastinya. Untuk lokasi, Restoran seribu Rasa ini terdapat di kawasan Agus Salim, Menteng serta Puri Mall dan Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

  • Madam Rich

Restoran Madam Rich ini menawarkan menu yang sangat banyak dan sudah barang tentu bercitarasa lezat.. Menu favorit pengunjung di tempat ini adalah Nasi Lemak Sambal Cumi yang dilengkapi dengan ayam goreng, kentang balado, sambal cumi, sambal teri, sambal hijau, acar dan kerupuk. Selain nasi lemak, ada juga nasi kuning, nasi bebek, menu Asia dan Western yang sama menariknya. Sedangkan lokasi Restoran Madam Rich, selain berada di Central Park, juga ada di Puri Indah Mall, Jakarta Barat.

  • Pappa Rich

Nasi lemak yang di sajikan di restoran ini berisi lauk rendang/kari ayam, sambal goreng udang, teri, telur rebus, kacang goreng dan potongan timun segar. Disamping menu nasi lemak,  PappaRich juga menawarkan menu lain khas Malaysia yang enak-enak, seperti laksa, sate dan char kwey teow. Untuk lokasinya sendiri, PappaRich berada di Kemang Village serta Senayan City, Jakarta Pusat.(Rul/dbs)

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION