Green Canyon “Little Paradise” Yang Tersembunyi Di Wilayah Ciamis, Jawa Barat

Tempat yang aslinya bernama Cukang Taneuh ini mulai dipopulerkan sebagai Green Canyon oleh seorang warga Eropa pada Tahun 1993 lalu. Sedangkan nama Green Canyon sendiri terinspirasi dari obyek wisata bernama Grand Canyon di yang berada Amerika Serikat. Hal ini mungkin karena keindahan Green Canyon dapat disejajarkan dengan keindahan Grand Canyon yang sudah terkenal di penjuru dunia tersebut.

Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, atau  persisnya sekitar 30 km dari Pantai Pangandaran ke arah barat atau ke arah Cijulang. Untuk sampai ke lokasi wisata tersebut,  jalannya juga suda cukup bagus. Di sepanjang perjalanan,  anda akan di suguhi pemandangan Sungai Cijulang  dengan formasi pohon nipah di tepi-tepinya. Formasi nipah ini menunjukkan bahwa sungai ini sudah dekat dengan pantai.  Memang tidak seberapa jauh dari lokasi Green Canyon ada obyek wisata pantai, yakni Pantai Batu Karas.

Objek wisata Green Canyon nan menakjubkan tersebut, sebenarnya merupakan aliran dari Sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya. Daerah ini juga diapit oleh dua bukit, yang dipenuhi dengan bebatuan dan rerimbunan pepohonan, yang semuanya itu membentuk lukisan alam yang begitu menakjubkan serta menantang untuk dijelajahi.

Untuk mencapai lokasi Green Canyon, yang merupakan gua berair terjun ini, anda dapat berangkat dari dermaga Ciseureuh untuk naik perahu tempel. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3 km, dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. Di sepanjang perjalanan, anda akan menyusuri sungai dengan air berwarna hijau toska. Kata warga sekitar, mungkin dari sinilah nama Green Canyon berasal.

Setelah anda menyusuri sungai beberapa lama, maka akan terlihat jeram dengan alur yang sempit dan sulit dilewati oleh perahu. Hal itu menandakan, anda sudah sampai di mulut Green Canyon, sehingga perahu yang anda tumpangipun harus berhenti di lokasi tersebut.  Di lokasi ini, anda akan disuguhi panorama yang sangat mempesona yaitu air yang sangat jernih berwarna kebiru-biruan, serta pemandangan stalagmit dan stalagtit yang sangat indah.

Di titik inilah sebenarnya awal petualangan menjelajahi keindahan alam objek wisata Green Canyon  dimulai. Dari sini anda dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan cara berenang atau merayap di tepi bebatuan. Dan bagi anda yang memilih untuk berenang, di spot ini disediakan pula ban ataupun pelampung yang tentunya anda harus membayar sewa ketika akan menggunakannya..

Ketika menyusuri gua dengan berenang, maka andapun akan melihat keindahan dinding – dinding terjal di kanan kiri aliran sungai, dan yang paling unik  berbentuk menyerupai sebuah gua yang atapnya sudah runtuh. Disamping itu, tetesan-tetesan air tanah dari stalaktit – stalaktit menjadi sensasi tersendiri yang sangat sayang jika di lewatkan. Dan tentunya, bagi anda yang mencintai dunia fotografi, obyek wisata Green Canyon ini sangat di rekomendasikan untuk di abadikan keindahannya.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION

Comments