Lokasi Wisata Terfavorit Yang Wajib Di Kunjungi Di Pulau Bali

Keindahan panorama alam dan kebudayaan Pulau Dewata Bali, sudah terkenal di kalangan turis asing maupun domestik. Maka tidaklah heran, apabila Pulau Bali mampu menarik kunjungan wisatawan dalam negeri serta mancanegara lebih dari 3.5 juta orang dalam setahun. Dan rasanya kurang pas jika anda pergi berlibur ke Bali, namun tidak mampir ke tempat-tempat favorit para turis berikut ini.

Legian

Legian merupakan salah satu objek wisata di Bali yang sangat terkenal, terletak di sebelah utara Kuta. Kawasan ini paling di dominasi oleh wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan dari Australia. Banyak wisatawan memilih tempat ini karena begitu banyak penginapan atau hotel-hotel yang menawarkan harga sewa yang relatif murah. Selain itu banyak terdapat tempat untuk night life, seperti diskotik dan juga pub.

Dreamland Bali

Terletak di Bukit Unggasan, satu jalur menuju Garuda Wisnu Kencana. Pantai Dreamland letaknya sangat terpencil, namun sangat eksotis pemandangannya. Pantai ini jauh lebih bersih daripada Pantai Kuta. Ombak di Dreamland yang besar, sangat cocok bagi penyuka olahraga surfing. Pantainya yang bersih memberikan kesan yang nyaman saat Anda duduk atau berbaring di pantai.

Sanur

Di bagian timur Denpasar, terdapat Pantai Sanur yang jaraknya sekitar 10 km atau sekitar 30 menit dari Airport I Gusti Ngurah Rai. Disini anda bisa menikmati sunrise yang begitu indah. Selain itu juga, Pantai Sanur merupakan tempat alternative favorit pilihan wisatawan selain Kuta, Jimbaran ataupun Seminyak. Objek wisata di Sanur menyediakan fasilitas water sport, khusus untuk seawalker.

Ubud

Ubud merupakan tempat yang terkenal sejak tahun 1930-an. Terletak di Kabupaten Gianyar, yang ternyata banyak memiliki seniman dan dapat dikatakan pusatnya budaya seni di Bali, khusus seni lukis dan ukiran. Ubud sering disebut sebagai desa yang bertaraf internasional. Semua orang telah mengenal Ubud, karena terletak diantara persawahan dan kawasan hutan diapit oleh jurang dengan sungai yang membuat Ubud semakin indah dan asri. Jika ingin mencari galeri seni, sangat tepat anda datang ke Ubud. Disana juga kerap diadakan pementasan seni musik dan juga tari.

Pantai Lovina

Di utara Bali terdapat pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai – pantai lain yang ada di pulau dewata, yaitu Pantai Lovina. Terletak 10 km ke arah barat kota Singaraja. Pantai Lovina yang berpasir hitam masih sangat alami, sehingga menarik dikunjungi wisatawan. Kawasan Lovina sangat terkenal dengan pertunjukan lumba-lumba liar di tengah laut. Di pantai ini terdapat ratusan lumba-lumba. Selain itu, di Pantai Lovina juga terdapat wisata menyelam. Ada bereaneka ragam ikan hias di taman laut ini. Taman Laut Lovina juga tidak kalah dengan taman laut lainnya yang ada di Bali.

Tanah Lot

Salah satu objek wisata paling terkenal di Bali yaitu Tanah Lot. Lokasinya yang terletak di Kabupaten Tabanan ini, terdapat pura yang dibangun pada dua tempat yang berbeda. Satu terletak diatas bongkahan batu besar dan satunya lagi terletak diatas tebing yang menjorok ke laut mirip dengan Pura Uluwatu. Tebing inilah yang menghubungkan pura denga daratan dan bentuknya melengkung seperti jembatan. Pura ini merupakan bagian dari Pura Dang Khayangan sebagai tempat memuja dewa-dewa penjaga laut. Dibawahnya terdapat gua kecil yang didalamnya ada beberapa ular laut. Selain itu, Tanah Lot juga terdapat toko-toko yang menjual berbagai kerajinan tangan seperti patung, lukisan, kain pantai dan juga pernak-pernik.

Tampak Siring – Pura Tirta Empul

Tirta Empul merupakan nama sebuah pura yang terletak di desa Tampak Siring, Kabupaten Gianyar. Di desa inilah terdapat mata air dan juga digunakan oleh pemeluk agama Hindu untuk pemandian dan memohon tirta suci. Selain pura, disini juga terdapat Istana Kepresidenan yang didirikan oleh Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke Bali.

Kintamani

Salah satu objek wisata di Bali yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Kintamani. Terletak di Kabupaten Bangli, Kintamani menyediakan pemandangan perbukitan dengan udara segar dan suhu udara berkisat 18 derajat celcius, sama seperti suhu udara di daerah wisata Bedugul. Hal yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Gunung ini masih aktif dan merupakan gunung kedua yang paling tinggi setelah Gunung Agung. Di tepi Danau Batur terdapat pemandian air panas, menurut cerita pemandian air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dekat dengan Gunung Batur.

Bedugul – Kebun Raya

Obyek wisata Bedugul terletak di Kabupaten Tabanan Bali. Di lokasi ini, anda akan di suguhkan   keindahan pemandangan alam daerah pegunungan dan danau, sama seperti Kintamani. Tempatnya yang tinggi membuat objek wisata ini selalu berhawa dingin dan berkabut. Bedugul merupakan salah satu hutan lindung sebagai paru-paru udara pulau Bali. Objek wisata lainnya yang berdampingan dengan Kebun Raya yaitu Danau Beratan. Di tengah danau terdapat sebuah pura yang disebut Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.

Bali Safari Marine Park

Kawasan Bali Safari Marine Park, yang dibangun diatas area seluas 40 hektar terletak di Kabupaten Gianyar Bali. Tempat wisata ini menyediakan tempat bagi satwa liar di habitat aslinya. Ada berbagai jenis satwa langka yang berasal dari 3 negara yaitu Indonesia, India dan Afrika. Terdiri dari 80 spesies dan 400 ekor satwa langka yang berasal dari Indonesia, contohnya Jalak Putih, Burung Hantu, Tapir, Buaya, Babi, Rusa dan Harimau Sumatera. Dari India antara lain Rusa Tutul, Beruang Himalaya, Nilgai dan Black Buck. Satwa langka dari Afrika juga tidak ketinggalan, seperti Kuda Nil, Burung Unta, Singa, Babbon, Zebra dan Blue Wildebeest. Jika ingin bermalam, wisatawan juga disediakan penginapan di Mara River Safari Lodge. Pada malam hari pengunjung bisa melihat satwa liar yang berkeliaran di habitatnya.

Pasar Sukawati

Pasar Sukawati adalah pasar seni yang sangat terkenal sampai ke penjuru dunia. Pasar Seni Sukawati terdapat di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar. Disini banyak pedagang yang menjual kerajinan tradisional khas Bali dengan harga yang sangat murah. Selain itu, disini juga terdapat lukisan yang dapat anda beli, banyak aliran lukisan seperti naturalis dan abstrak. Jadi untuk membeli oleh-oleh khas Bali, Anda tepat sekali untuk datang ke Pasar Sukawati.

Nusa Dua

Nusa Dua termasuk salah satu tempat istimewa di Bali. Banyak orang yang sudah mengenal objek wisata ini. Karena Nusa Dua sangat sering digunakan sebagai tempat diadakannya konferensi berskala internasional dan dikunjungi pemimpin negara-negara di dunia. Ada sebuah taman yang terdapat di kawasan Nusa Dua dan tergolong salah satu taman terindah di Bali. Selain itu, Nusa Dua juga terkenal dengan pantai yang memiliki pasir yang putih dan air laut yang tenang. Sangat cocok bagi anda yang menginginkan pantai putih yang bersih dan tidak terlalu ramai seperti di Pantai Kuta. Nusa Dua sebagai salah satu tempat wisata di Bali, sangat terkesan akan kemewahan dan sangat tertata rapi. Kebersihan sangat terjaga dan pepohonan terpelihara dengan baik.(Rez)

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION